Ini Strateginya, Pemerintah Rapatkan Barisan Hadapi Krisis Turki

Ini Strateginya, Pemerintah Rapatkan Barisan Hadapi Krisis Turki
Ini Strateginya, Pemerintah Rapatkan Barisan Hadapi Krisis Turki. Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan, strategi pemerintah untuk menghadapi tekanan-tekanan global yang saat ini terus terjadi, khususnya krisis perekonomian yang terjadi di Turki, adalah dengan menjaga ketahanan fundamental ekonomi Indonesia. Koordinasi antarlembaga keuangan negara seperti Bank Indonesia serta Otoritas Jasa Keuangan juga akan diperkuat.

Dia mengatakan, upaya tersebut merupakan langkah utama demi menjaga sentimen pasar terhadap perekonomian Indonesia. Sebab saat ini, sentimen pasar masih sangat memperhatikan gejolak ekonomi negara-negara emerging akibat pengaruh kebijakan normalisasi moneter negara-negara maju.

“Jadi kami juga ingin membedakan cerita, narasinya Indonesia dengan negara-negara yang selama ini memiliki kelemahan dan kerapuhan yang lebih tinggi,” Tuturnya.

Selain itu Menkeu juga mengatakan, dalam menjaga fundamental ekonomi Indonesia, pemerintah akan memantau secara cermat neraca keuangan pemerintah, Badan Usaha Milik Negara, hingga perbankan. Sehingga, Indonesia risiko ekonomi dari gejolak tersebut bisa diredam.

Di samping itu, pemerintah dikatakannya juga akan terus menekan impor supaya defisit transaksi berjalan saat ini yang telah tembus 3 persen dapat ditekan. Caranya adalah dengan mendorong substitusi impor, dengan produk-produk domestik yang bisa dimanfaatkan.

Comments

Popular posts from this blog

Australia Destinasi Favorit Investor Indonesia

Indonesia dan Saudi Penjelasan Kemenag Soal Beda Hari Idul Adha

Akan Segera Selesai Tim Pemenangan Prabowo-Sandi